62 comments on “Bagaimanakah hukum mengeluarkan mani pada siang hari di bulan puasa?

    • saudaraku fauzi yang saya cintai,dalam agama ada dua hal yang di maafkan oleh Allah yakni lupa dan belum mengetahuinya apa hukumnya,tapi bagi kita sebagai hamba di wajibkan untuk belajar tentang agama(atau menuntut ilmu agama itu wajib bila tidak menuntut ilmu agama maka berdosa)jadi jelas kalau belum tahu atau lupa maka Allah memaafkannya namun wajib mencari ilmu.demikianlah semoga bisa membantu

  1. saya to the point z ya,,yang mau saya tanyakan

    apa hukumnya ciuman dengan pacar & saya yang onanikan buat pacar saya sampai maninya keluar,itu saja yang saya tanyakn,terimakasih , ,

    • untuk hambal Allah yang saya cintai
      dalam pacaran yang sebenarnya di larang dalam islam apa lagi pacarannya sampai berciuman atau mengonanikan pacarnya sampai keluar mani.dalam Al-qur’an Allah berfirman yang artinya kurang lebih “jangan engkau dekati zina”.hukumnya sanagat jelas yakni haram,perlakuan sex hanya halal di lakukan oleh pasangan yang sudah menikah.tapi yang sudah terlanjur di lakukan maka mohon pertaubatan kepada Allah karena Allah itu maha penerima taubat hambanya

  2. Lalu bagaimana jika mani keluar secara tiba2 pada saat setelah kencing atau BAB (tidak ada rangsangan apapun)??
    harus kah mandi junub??

    • untuk wanda yang baik, setiap mani yang keluar baik secara sengaja atau tidak sengaja itu wajib mandi,yang penting itu benar mani dan bukan madhi,madhi hampir sama dengan mani hanya madhi bening,kalau tidak sengaja tidak membatalkan puasa seperti yang wanda sebutkan dan kalau bermimpi.moga bisa membantu apa yang saya jawab dan terima kasih saudaraku seiman WANDA

  3. asslamualaikum .. mau tanya dulu pd bulan ramadhan saya sms-an dengan pacar saya, pd saat sudah imsak.. dan ketika itu saya tidak menyadari klau ada cairan yg keluar dari kelamin saya.saya sadarnya pas mau buang hadast kecil jadi itu bagaimna apkh itu mani ?? dn apakah puasa sy batal ?? wassalamualaikum ..

    • ‘Alaikum salam saudara ku yang beriman dan semoga selalu dalam lindungan Allah SWT,untuk pertanya andi jawabannya puasanya tidak batal dan itu bukan mani tapi madhi.Madhi adalah cairan kental dengan warnanya bening bukan putih susu,madhi biasanya keluar kalau kita sedang terangsang atau menghayal tentang sesuatu yang erotis yang tanpa kita sadari dia keluar.madhi ini hukumnya sama dangan air seni(najis)jadi harus di cuci sama dengan air seni kita dan dia hanya membatalkan salat dan tidak membatalkan puasa kita.dan madhi ini pasti akan keluar kalau kita terangsang atau awal pase untuk melakukan akativitas sek.di sini saya ingin menekankan harus bisa membedakan nya denga cara madhi warnanya bening dan mani warnanya putih susu sama-sama kental.sebagai naset aja kalau lagi puasa yang di haramkan adalah menghayal tentang sesuatu yang erotis.Mungkin demikian jawaban saya moga bisa menjadi pencerahan untuk saudara ku andi yang budiman.amin wallahu’alam bissawab

  4. assalamualaikum . saya mau bertanya tentang madhi. jika madhi keluar. sengaja atau tidak sengaja apakah di wajibkan mndi

    • ‘Alaikum salam saudaraku Ritwan di kaliwungu yang budiman semoga selalu dalam lindungan Allah Swt dan selalu dalam ketaatan kepada Allah dan RasulNya,amin yarabbal’almin.
      Kalau madhi umum terjadi adalah keluar dengan sendirinya,dan madhi itu berwarna bening serta hukumnya sama dengan hukum air seni(najis)maka demikian tidak di wajibkan untuk mandi cukup dengan membasuh kemaluannya dengan air serta pakaian yang terkena madhi juga harus di cuci bersih(mensucikan seperti mensucikan air seni ata hajat besar).untuk pelajaran saja yang wajib mandi adalah
      1.bertemu dua khatan(bertemu kelamin laki2 dan perempuan walau tida keluar mani,bertemu kira2 masuknya kemaluan laki2 sekira2 kepala kelamin laki2,kalau nempel saja tidak perlu mandi)
      2.keluar mani baik sengaja atau tidak sengaja.
      3.datang haid(bagi wanita)
      4.nifas(bagi wanita)
      5.wiladah(bagi wanita).
      Kalau yang keluarnya madi tidak wajib mandi,mungki demikian penjelasan yang bisa saya sampaikan moga bisa menjadi pencerahan dan dapat bermanfaat bagi ritwan khususnya danjuga bagi yang lainnya,wallahu’alam bissawab

  5. assalamualaikum, bagamana ketika membayar utang puasa (tetapi tidak pada bulan ramadhan)
    lalu mengeluarkan air mani dengan sengaja,
    apakah harus berpuasa berturut turut selama dua bulan??

    • ‘alaikumsalam warahmatullahi wabaratuh
      Saudaru yang beriman ikhsan yang bahagia dan semoga selalu dalam bimbingan allah SWT
      yang pertama yg harus di perhatikan adalah syarat syahnya puasa baik itu puasa wajib ataupun sunnat,semua syarat sahnya puasa sama baik wajib atau sunnah.Dan apabila salah satu syaratnya tidak terpenuhi maka batal puasanya dan bagi yang mengerjakan salah salah satu larangan dalam berpuasa maka akan ada ganjarannya seperti meningggalkan puasa karena sakit atau karena sengaja meningggalkan puasa maka wajib membayarnya di dalam tahun yang sama jangan sampai melewati satu puasa berikutnya.
      untuk pertanya saudaraku Ikhasan maka wajib menegrjakan puasa berturut-turut dua bulan tanpa di selang kalau di selang harus di ulang lagi dari nol lagi,karena hukum mengeluarkan mani pada saat berpuasa itu haram itu dosa besar baik itu waktu berpuasa di bulan ramadhan atau waktu membayarnya.demikianlah yg bisa saya jawab moga bisa menjadi pembelajaran untuk kita semua.moga tubat kita di terima oleh Allh Amin.

  6. assalamualaikum wr.wb
    Bagaimana cara mandi besar pada siang hari puasa yang benar, apakah lubang lubang tubuh harus terkena air, dan itu memungkinkan untuk masuknya air ke dalam tubuh? Tolong penjelasannya, terima kasih
    wassalamualaikum wr.wb

    • ‘Alaikum salam warahmatullahi wabarakatu
      kepada saudaraku yang beriman dan semoga tetap dalam keimanan islam yang benar dan kuat Hamzah,mandi besar pada hari berpuasa di bulan ramadhan ataupun tatkala kita menegrjakan puasa sunnah di bulan-bulan yang lainnya sama seperti yang kita lakukan di luar puasa seperti hadist nabi yang kurang lebih artinya”dari Aisyah radiallhu’anhu pada pagi hari nabi Muhammad melaksanakan mandi junub(besar) pada hal beliau sedang saum”(HR bukhari Ra).mandi besar harus basah seluruh tubuh atau kulit serta di masukan air ke dalam lubang yang terbuka tapi bukan nya mengucurkan air yang berlebihan,pokoknya seperti kita mandi besar tatkala bukan saat berpuasa.demikianlah yang saya jawab kalau ada kurang mohon di maafkan moga bisa mejadi pelajaran untuk saudaraku Hamzah dan juga semuanya termasuk saya amin.

  7. Assalamualaikum wr.wb
    saya mau bertanya, bagaimanakah hukumnya jika kita lupa niat berpuasa pada malam harinya, sehingga kita niat pada pagi hari sekitar 09.00. Tolong penjelasannya
    terima kasih. Wassalamualaikum wr.wb

    • ‘Alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh untuk Hamzah semoga selalu dalam lindungan Allah dan tetap dalam ta’at pada Allah dan rasul sampai kahir hayat.
      salah satu syarat sahnya puasa adalah niat.kalau puasa wajib itu niatnya dari terbenam matahari sampai keluar fajar yang siddiq(yang benar)masuknya waktu subuh sedangkan puasa sunnah bisa di niatkan pada hari sampai batas tergelincir matahari(masuk waktunya dhuhur),bagi yang tidak berniat di waktu yang telah di tentukan maka tidak ada puasa baginya namun wajib baginya untuk imsak sama dengan orang berpuasa(kalau tidak melakukan imsak dia berdosa) serta harus bagi dia untuk mengqada puasanya di bulan yang lainnya.nah demikianlah moga bisa bermanfaat dan mnejadi bertambah ilmu untuk saya dan juga semuanya amin

      • Assalamualaikum…
        mau tanya nie…

        “Ketika bulan romadhon ada suami istri sedang bersetubuh disiang hari”

        untuk suami hukumannya kan: mengkhodok puasa,bayarkifarot,sama puasa 2bulan berturut…
        Kalau istri hukumanya kan: mengkhodok puasa,ama bayar kifarot….

        Kenapa hukuman suami lebih berat dari istri padahal sama mendapatkan nikmat dalam(bersetubuh)…
        t0l0ng jelaskan dan berikan sumber kitab apa?

        Makasich…
        Wasalamualaikum

      • ‘Alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh
        untuk saudaraku Faesol yang beriman dan semoga akan selalu teguh dengan keimanan islamnya,amin
        disini pertanyaan saudara adalah MENGAPA PEREMPUAN LEBIH RINGAN HUKUMANNYA?
        Di dalam berhubungan badan antara suami istri,Karena seorang perempuan atau istri tidak batal puasanya dengan berjimag(bersetubuh akan tetapi dengan adanya masuk sesuatu benda ke dalam rongga terbuka,ketika maka ketika sesuatu masuk dalam rongga terbuka maka batallah puasanya,karena belum di katakan berjimag kalau zakar yang masuk kedalam farej(vagina)hanya baru ujungnya saja namuan telah membatalkan puasa si wanita,jadi wanita lebih dulu batal puasanya dari pada berjimag.sedangkan laki-laki karena dia yang memasukan dan tidak mungkin melakukan jimag hanya memasukkan zakar ujungnya saja pasti semuanya,dan kalau sudah masuk semua maka baru batal puasa laki-laki walau belum keluar maninya karena sudah di katankan jimag(bersetubuh).Dan kala kalau yang masuk baru ujungnya belum lewat batasa kepala zakar mandipun belum wajib.silahkan baca shahihnya Al-Bukhari atau muslim atau 1000 tanya jawab fiqih wanita. moga bermanfa’at dan menjadikan lebih dekat dengan Allah dan RasulNYa amin

    • Untuk saudaraku sirajul huda yang beriman dan semoga teruslah dalam keimanan islam sampai akhir hayat amin.
      kita mulai dari kewajiban dulu bagi manusia yang sampai kepadanya tentang agama atau ada pendakwah maka hukum orang tersebut adalah wajib belajar kalau orang yang tidak mau belajar maka berdosa besar maka orang yang seperti ini tetap batal puasanya dan kena kaffart(denda).Akan tetapi bagi orang yang tidak sampai kepadanya tentang agama atau ketiadaan pendakwah maka dia tidak mengerti akan batal atau sah segala sesuatu yang di kerjakannya.Namuan bagi orang yang sedang belajar namun belum sampai pada tahab ini maka sah puasanya(hanya waktu dia belum tahu tetapi tidak boleh kekal dalam ketidak tahuannya”karena wajib belajar tadi”)tetapi lagika dari pertanya saudaraku ini tidak mungkin tidaka tahu karena sudah mengerti tentang puasa pasti tahu yang membatalkan puasa.Hanya demikian yang bisa saya jawab moga bisa menjadi ‘itibar pembelajaran bagi kita semua.amin

      • bgmana jk seseorang TIDAK TAU kalo mengeluarkan air mani dg sengaja di saat sdng puasa, hukumannya hrs puasa 2bulan berturut-turut tanpa ada selang, yg dia tau hanya batal sj puasanya, trs bgmana hukumnya jika ia mengeluarkan air mani dg sengaja di saat sdng puasa, Apakah dia hrs puasa 2bulan berturut-turut?

      • untuk saudaraku yang beriman abdul karim moga akan selalu dalam iman islam sampai akhir hayat amin
        kalau tidak tahu dan ketidak tahuan karena bukan tidak mau belajar tapi karena tidak ada yang mengajar atau tidak ada yang bisa di mintai untuk mengajarkan maka tidak perlu membayar kaffaratnya(deda puasa 2 bulan berturut-turut)karena dalam hukum syari ada hukum yang tidak bisa berlaku yakni karena lupa,karena tidak tahu dan karena ketiduran.Dan bagi mereka yang telah tahu maka wajib mengqada puasanya serta wajib membayar kaffarat(denda berpuasa 2 bulan berturut-turut tanpa berselang walau hanya sehari dan di lakukan jangan samapai melampaui puasa tahun berikutnya)moga bisa menjadi pelajaran dan janganlah melanggar hukum Allah dan Rasulnya amin

  8. assalamualaikum
    bagaimana jika saya kebetulan sedang tidak berpuasa pada bulan ramadhan dan ketika saya tidak berpuasa itu saya mengeluarkan mani?..apakah hukumnya sama dengan mereka yang melakukan hubungan badan di siang hari ketika puasa?
    Terima Kasih
    Wassalamualaikum

    • “alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh
      Awan yang budiman dan beriman serta semoga akan tetap seperti itu sampai ajal menjemput.amin
      Di blog ini juga sudah saya tulis tentang hukum-hukum bagi orang yang tidak berpuasa dengan ada sebab ataupun tidak ada sebab.disini saya jelaskan sedikit bagi mereka yang tidak berpuasa dengan ada sebab atau tidak wajib imsak(menahan diri sama dengan orang berpuasa)”kalau wajib berarti berdosa besar kalau tidak di kerjakan” berarti sama dengan orang yang berpuasa hukumnya HARAM dan terkena kaffarat(denda)karena dalam AL-Qur’an dan hadis di katakan “HARAM MENGELUARKAN MANI ATAU BERHUBUNGAN BADAN PADA BULAN PUASA DI SIANG HARI”

  9. apakah hukumnya jika seorang laki laki pada waktu tdr mimpi basah (fikiran mau keluar dari mimpi itu tetapi sulit juga akhinya pun mani keluar. gimna itu pak ustad. pada bulan romadon (pagi hari matahari belum terbit)

    • kepada saudaraku yang beriman hamba Allah moga selalu dalam keimanan islam yang kuat sampai ajal menjemput amin.
      Dalam islam ada dua hal yang di maafkan oleh syara’(hukum islam) yakni lupa dan tertidur atau pun tidak sengaja.kalau kita bermimpi setelah salat subuh misalnya maka keluar maninya dengan tidak sengan karena di sebabkan bermimpi sampai keluarmani,puasanya tetap sah dan terus di lanjutkan puasanya,namun untuk melaksanakan salat maka di wajibkan mandi junub(mandi besar atau basah istilah orang kita)seperti mandi basah yang sering kita lakukan seperti bunyi hadis yang di riwayatkan oleh Al-Bukhari ra dari Aisyah Ra kurang lebih artinya”pada pagi hari saya melihat Rasulullah saw mandi junub pada hal beliau dalam keadaan puasa”.hanya ini yang bisa saya jawab moga bisa menjadi ilmu amin

      • Assallammuallaikum wr.wb
        Kalo kita lg tertidur di siang hari di bulan ramadhan dan bermimpi lalu keluar air mani , yg mau saya tnyakan bagaimana cara berjunub pada bulan ramadhan .
        Wassallammuallaikum wr.wb

      • untuk saudaraku Anwar yangberiman.mandi junub sama saja dengan mandi junub yang di luar puasa,karena kalau mandi junub tidak sampai air pada yang wajib sampai maka tidak sah mandinya tersebut,kalau hadisnya lihat di komentar yang lain sudah saya paparkan.moga bisa menjadi pencerahan amin

    • boleh seperti iu jika ketidak tahuan kita itu benar-benar di karenakan tidak ada yang mengajari kita tentang agama atau tidak ada satupun manusia yang bisa kita bertanya tentang agama namun jika ketidak tahuan kita di sebabkan oleh ke engganan kita untuk belajar maka dosa besar

    • artinya semua kulit tubuh kita harus di basahi dengan air lubang hidung lubang telinga kuliat di bawah rambut(kepala jenggot dan yang lainya)dan lubang zakar juga harus di basahi,untuk anwar yang beriman ini yang dapat saya jawab moga bisa menjadi pelajaran amin

  10. Assalamu’alaikum pak ustad… Mohon pencerahannya..

    Sebenarnya saya sudah tahu dari guru ngaji saya kalau keluar mani karena disengaja itu membatalkan puasa dan ada hukuman untuk orang yg melakukannya…

    yang terjadi pada saya seperti ini ust.. pada saat sya lagi shaum ramadhan saya pergi ke warnet mau cari materi.. Eh lama kelamaan taunya malah nyeleweng liat video 17+… terus pas lagi nonton tiba2 mani saya keluar.. itu hukumnya gimana pak ustad.. Mohon bimbingannya untuk saya, hamba Alloh yg penuh dosa dan lalai ini.. Wassalam…

    • ‘alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh untuk yayan yang beriman dan semoga bisa engkau pertahankan sampai ajal menjemput amin.mohom maaf baru sekarang saya jawab karena kemaren komputer saya lagi erorr.
      untuk jawabanya harus (wajib melakukan qada puasa dan melaksanakan kaffarat dengan berpuasa 2 bulan berturut-turut tanpa selang dan jangan sampai melampaui puasa di tahun berikutnya),karena melihat sesuatu yang bisa membatalkan puasa di lakukan dengan sengaja,karena mani keluar dengan sebab menonton atau melihat yang membangkitkan syahwat,namun kalau dalam ilmu kedokteran mani itu akan keluar jika di kocok atau di gese-gesekan dengan atang atau dengan yang laingnya lain kalau mani encer atau ejakulasidini dengan melihat sesuatu yang membangkitkan sahwat akan keluarmaninya.intinya karen saudar telah mengetahui maka wajib qada dan bayar kaffarat dua bulan puasa berturut-turt.moga bisa menjadi pelajaran dan moga tidak melakukannya lagi di kemudian hari gunakan teknologi dengan dengan arif dan bijak untuk kemajuan kita sebagia orang islam yang beriman amin

  11. bgmana jk seseorang TIDAK TAU kalo mengeluarkan air mani dg sengaja di saat sdng puasa, hukumannya hrs puasa 2bulan berturut-turut tanpa ada selang, yg dia tau hanya batal sj puasanya, trs bgmana hukumnya jika ia mengeluarkan air mani dg sengaja di saat sdng puasa, Apakah dia hrs puasa 2bulan berturut-turut?

  12. Terimakasih pak ustadz atas jawaban’nya… Insya Alloh saya siap meng’qada.. & puasa kiffaratnya juga pak ustadz…
    - Niat puasa kiffaratnya gimana ya pak ustadz?
    - Saya harus melaksanakan fidyah juga / enggak?

    Mohon maaf kalau saya banyak tanya.. Semoga Alloh membalas kebaikan ustadz dgn yg lebih besar…

    • Untuk yayan saudaraku yang beriman moga tetap imannya sampai ajal menjemput amin.niat untuk puasa kaffarat sebagai berikut ini saya tulis dalam bahasa latin”nawaitu saumalkafarati fardalillahita’ala”artinya sahaja aku berniat puasa kaffarat fardu atasku karena Allah ta’ala,
      sedangkan untuk fiddiyah tidak perlu kalau memang belum lewat puasa pada tahun yang berikutnya.ini yang bisa saya jawab moga bisa menjadi pelajran bagi saya dan juga untuk yayan amin

  13. Assalamualaikum wr wb ..

    saya mau tanya pak ustadz tlong di jawab yaa..
    saya tau klo sengaja mengeluarkan air mani disaat puasa itu bisa membatalkan puasa, dan harus membayar.a slm 2 bln berturut2 tanpa selang,,
    yang tidak saya tau, apakah yg saya lakukan itu masuk dalam kategori sengaja atau tidak sengaja, karena yg hanya saya tau yg sengaja itu apabila bertemunya kelamin laki2 dan perempuan cuma itu yg saya masukkan ke dlm kategori sengaja,.

    sedangkan yg saya lakukan itu menghayal atau membayangkan sesuatu yg bisa merangsang kemaluan saya tapi yg saya bayangkan itu bkn wanita cuma sesuatu yg bisa membuat kemaluan saya terangsang, sambil pelan2 menjepit.a dengan ke dua paha saya, sehingga keluarlah cairan kental, dan warnanya bening tapi klo sudah kering dan kemudian kena air biasa warnanya putih kadang juga tdk terlihat cuma tercium bau persis bau air seni..

    nah itu yg membuat saya bingung apakah yg saya lakukan itu sengaja atau tdk sengaja, dan yg keluar itu apakah mani atau madhi…?

    dan saya pernah ingin mempelajari.a dan bertanya pda org lain entah itu di dunia nyata atau di dumai, tpi rasa ingin tau itu hilang bgitu saja, dan baru bbrapa hari ini ada kefikiran untuk search di google dan ketemu dgn blog.a pak ustadz ini..

    maaf pak ustadz kata2.a tdk sopan dan terlalu panjang, saya tdk tau merangkai kata2 yg baik…
    mohon di maklumi dan tlong dijawab ya pak ustadz…

    • A’laikum salam warahmatullahi wabarakatu sunwoles yang beriman moga tetap dalam keimanan sampai izrail datang menjemput amin.
      insyaAllah saya jawab dan moga bisa menjadi pencerahan,kalau kata gori sengaja ialah segala sesuatu yang di di lakukan dalam keadaan sadar,seperti onani dengan tang sendiri atau dengan tangan orang lain,atau menggesek-gesek kemaluannya sehingga kita meresakan kelazatan yang luar biasa yang di ikuti dengan keluarnya mani.dan ciri-ciri mani adalah kental berwarna putih susu bukan bening dan berbau khas tidak sama dengan air seni ataupun madhi.madhi adala cairan bening yang keluar kalau kita terangsang dia berpungsi sebagai pelumasa untuk berhubungan suami istri,dan kalau yang keluar hanya cairan bening dan tidak di ikuti dengan rasa kelazatan yang luar biasa maka puasanya tidak batal,dan itu jelas bukan mani namuan pahala puasanya akan menjadi nol(kosong).Kemudian berikut saya jelaskan sedikit tentang mani.Menurut ilmu kedokteran air mani itu tidak akan keluar tanpa ada rangsangan serta gesekan atau kocokan serta ada rasa kelezatan yang luar biasa,kecuali yang di katankan ejakulasi dini(mani encer)orang yang mengalami ejakulasi dini dengan sedikit rangsangan saja tanpa gesekan atau kocokan maka akan merasa kelezatan yang luar biasa.mungkin ini yang bisa saya jawab moga bisa di pahami dan menjadi pencerahan amin

  14. Assalamualaikum pak ustadz, apakah puasa kita batal bila mengkhayal disiang hari sedang bersetubuh?

    Mohon penjelasannya.

    • A’alaikumsalam warahmatullahi wabarakatu untuk saudaraku Heru yang budiman serta moga selalu dalam ta’at iman islam amin.
      kalau hanya menghayal tanpa melihat sesuatu yang bisa mebangkitkan nafsu serta tidak di sertai dengan keluarnya mani maka puasanya tetap sah tapi pahalanya yang kosong seperti hadis nabi yang artinya”banyak yang berpuasa namun hanya lapar dan haus dahaga yang mereka peroleh”(HR Al-Bukhari ra) karena mereka tidak menjaga kesucian puasanya ya seperti menghayal atau berghibah(gosip) atau berbohong dan banyak lagi yang lain.hanya yang bisa saya jawab moga bermanfa’at amin

  15. assalamualaikum,,wr wb.
    dengan mustofa ditegal.
    Dan bagaiman puasa seseorang yg mengeluarkan mani tanpa disengaja saat bulan puasa disiang hari,
    orang itu beranggapan puasa saya batal ttpi masih melanjatutkan sarat sah brpuasa.
    Mohon bimbingannya terimakasih

    • A’alaikum salam warahmatullahi wabarakatu,untuk mustofa yang budiman moga tetap dalam iman islam.Di dalam hukum syara’ tidak berlaku hukum bila orang tersebut lupa,tidak sengaja,tidak tahu dan ketiduran.dan puasa bagi orang yang keluar mani secara tidak sengaja seperti bermimpi bersetubuh dengan wanita maka puasanya tetap sah dan wajib mandi junub(mandi besar)supaya bisa melakukan salat.mungkin ini saja jawabannya moga bisa bermanfa’at amin.

  16. terus gimana pak ustad?
    yg saya lakukan itu sengaja ya kan tapi saya baru tau stelah pak ustad jlaskan, kemudian yg keluar itu mani atau madhi karna warna.a bening tapi klau sdah kering dan kena air biasa akan jdi putih?

    apakah puasa saya yg kemarin2 itu ttp tdk ada pahala.a ? sdangkan saya pada wktu kmarin2 itu blum tau, dan baru tau stelah ketemu blog ini dan dari pnjlasan pak ustadz ..

  17. terus gimana pak ustad?
    yg saya lakukan itu sengaja ya kan tapi saya baru tau stelah pak ustad jlaskan, kemudian yg keluar itu mani atau madhi karna warna.a bening tapi klau sdah kering dan kena air biasa akan jdi putih?

    apakah puasa saya yg kemarin2 itu ttp tdk ada pahala.a ? sdangkan saya pada wktu kmarin2 itu blum tau, dan baru tau stelah ketemu blog ini dan dari pnjlasan pak ustadz …

    maaf bnyak tanya pak ustadz..

    • untak Ahmad El kalau memang tidak tahu maka Allah akan memaafkan dan jangan di ulangi dan wajib belajar,karena hukum syara’ tidak berlaku bagi yang lupa,yang tidak tahu yang tidur dan yang tidak sengaja.mungkin ini yang bisa saya jawab moga bisa menjadi pencerahan amin

    • A’laikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuhu, untuk Aliiy yang budiman dan moga tetap dalam keta’atan kepada Allah dan RasulNya amin.
      cara say mandi junub(mandi besar)adalah sebagai berikut:
      1.bersihkan terlebih dahulu badan kita dari sesuatu yang menghalangi air sampai pada kulit kita(seperti lilin,lem,cat dan juga daki yang ada di bawah kuku-kuku yang panjang)
      2.bersihkan terlebih dahulu badan kita dari hada kecil(yakni menhilangkan nanis yang ada pada tubuh kita kencing atau air besar)
      3.niat,niat ini harus berbarengan dengan mengangkat air ketubuh kita atau kalau kita mandi di kolam waktu kita akan menyelam maka di sertakan niat sama juga kalau kita mandi di pancuran)dan bunyi niatnya sebagai berikut dalam bahasa altinnya”nawaitu raf’al khadasil akbarianjami’il fardhal lillahita’ala=sayaja akau mengangkat hadas yang besar perlu atasku karena Allah ta’ala,di sertai dengan air ketubuh kita
      4.harus sampai air keseluruh tubuh seperti di bawah kuku,dibawah rambut(semua rambut),kedalam rongga yang terbuka(lubang hidung,lubang telinga,lubang kemaluan)intinya harus seluruh tubuh kita basah sengan air.
      Demikianlah cara mandi junub(mandi besar) di dalam syara’.Moga bisa menjadi pelajaran amin.

  18. pak ustad … waktu puasa kemarin saya berpuasa, tapi sya ga sadar kalau ternyata saya keluar mani/madhi (kurang paham) waktu tidur stelah subuh, terus karena merasa tidak nyaman d bagian “anu” akhirnya sya mengeluarkan seluruhnya (mani/madhi) dengan sengaja … bagaimana hukum dan yg saya harus lakuin ustad ?? matur nuhun

    • untuk sesorang yang budiman kalau anda bener2 tidak tahu tentang bahwa mengeluarkan mani secara sengaja itu membatalkan puasa maka cukup hanya mengqada saja puasanya di bulan yang lain.tapi kalau sudah mengetahui bahwa mengeluarkan mani dengan segaja maka haraus mebayar kaffarat serta mengkada puasanya.demikianlah jawaban moga menjadi pelajaran bagi kita semua

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s